Senin, 10 Mei 2010

This Blog Linked From Here Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia This Blog Linked From Here Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Bioethics encompasses a field that is wider than just the relationship between the individual physician and the patient, one that includes a professional responsibility toward all form of life as well as the specific ethos that must prevail in modern form of institutionalized and organized medicine.(Sass, 1990)

Bioetika adalah studi interdisiplin tentang masalah-masalah yang ditimbulkan oleh perkembangan biologi dan kedokteran, baik dalam skala mikro, serta dampaknya pada masyarakat sistem nilai kini dan di masa yang akan datang. (Abel, 1997)

Bioetika adalah disiplin yang berkaitan dengan moralitas pelayanan kesehatan, yang menyangkut dokter, pasien, institusi pemberi pelayanan kesehatan, dan kebijakan pelayanan kesehatan. (McCullough, 1994)

A discipline with a variety of methodologies for considering the implications of medical technology and treatment choices and asking what ought to be. (Vincler. LA, 2004)
Bioetika adalah penjelmaan dari Etika Kedokteran yang sudah tidak mampu lagi menampung permasalahan-permasalahan yang berkembang dalam bidang medik, juga karena menyangkut disiplin lain.
Catatan Set KBN: FK UnAir mengelola situs FK, denan halaman khusus bioetika. Di halaman depan khusus bioetika dari situs, http://dev.fk.unair.ac.id/id/bioetik/bioetika.html (19 Oktober 2009):

Tidak ada komentar:

Posting Komentar